Ini Syarat Jika Ingin Mendirikan PAUD di Bontang

  • Whatsapp
Yuti Nurhayati (kiri) (dok : int)

TERASKATA, Bontang – Mendirikan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidaklah mudah. Banyak hal yang mesti dipersiapkan. Salahsatunya harus tersedianya sarana dan prasarana khusus.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Yuti Nurhayati, Senin (02/11/2020).

Bacaan Lainnya

“Makanya untuk pendirian sekolah PAUD kami (Disdikbud) kunci di perihal perizinan. Karena dalam mendirikan sekolah PAUD ada standarisasi petunjuk teknis (Juknis) yang harus dipenuhi,” ungkapnya.

Ia menuturkan, tidak diperbolehkan menanam tanaman yang memiliki duri dan tidak boleh dekat dengan sungai. “Intinya wahana bermain anak harus se-safety mungkin,” tuturnya.

Selain itu, jika ingin mendirikan sekolah PAUD tentunya harus mengacu pada peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sudah ada seperti luas tanah, hak kepemilikan tanah ditambah lagi dengan adanya aturan baru yakni harus memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Kalau dulu, ketika mendirikan PAUD yang terpenting masyarakatnya mau ya sudah langsung dibangun namun seiring perjalanan kita diminta untuk lebih tertib lagi dengan adanya IMB,” jelasnya.

Kata Yuti, saat ini pihaknya melakukan perapian adminitrasi bagi sekolah PAUD yang belum memiliki IMB. Mengingat banyaknya sekolah PAUD yang berdiri sejak lama sebelum diwajibkannya memiliki IMB.

“Karena jangan sampai hanya karena IMB jalannya dunia pendidikan terhenti dan IMB juga penting tentunya. Jadi kami tengah mencari win-win solution bagaimana caranya pendidikan tetap berjalan dan kepengurusan IMB juga tetap berjalan,” katanya.

Lanjutnya, untuk guru yang akan mengajar di sekolah PAUD harus dengan jenjang sarjana PAUD. Jika ada guru PAUD dengan gelar sarjana di luar PAUD atau SMA/SMK maka diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang memiliki tiga tingkatan.

“Karena jika akademisnya diluar PAUD maka harus mengikuti pelatihan-pelatihan ke- PAUDan seperti pelatihan dasar, pelatihan lanjutan dan pelatihan tingkat mahir,” terangnya.

Pada pelatihan-pelatihan tersebut, guru akan diajarkan apa itu PAUD, pentingnya PAUD dan bagaimana mengajar PAUD. (Adv)

Pos terkait